Marak Berita Bohong Covid-19, MUI Makassar Gelar Edukasi Media Bersama Pakar Hukum

0

Onesulsel.id, Makassar — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota  Makassar menggelar diskusi dengan mengusung tema ‘Edukasi Media Di Era Pandemi Covid 19’ di hotel Grand Asia Makassar, Sabtu (11/07/2020).

Diskusi tersebut dilakukan lantaran maraknya informasi bohong atau lebih dikenal dengan hoax terkait Virus Covid-19 yang menyerang Indonesia saat ini.


Ketua MUI Makassar, Anregurutta Dr. KH Baharuddin AS dalam sambutannya, mengatakan bahwa disaat seperti sekarang ini dimana pandemi sangat menakutkan, berbagai pemberitaan hoax pun hadir akibatnya pemahaman masyarakat terhadap cobid ini sangat beragam. 

“Bisa saja berita menimbulkan musibah karena kecerobohan dan tidak melakukan klarifikasi. Nah disini kita akan tampilkan beragam narasumber dan pandangannya mengenai bagaimana peranan media selama pandemi,” paparnya.

Sejalan dengan itu, Sakka Pati dalam materinya mengungkapkan bahwa untuk menyelesaikan masalah pandemi ini harus menerapkan TSM ( terstruktur, sistematis dan meyeluruh) haruskah benar benar dilakukan. 

“Betul saat ini kita telah terpapar bukan hanya virus tetapi juga info yang menyesatkan. Olehnya diharapkan  Media Massa memberi informasi yang valid karena saat sekarang ditengah ketakutannya orang. Media jg sebagai fungsi edukatif,” ujarnya. 

Selain menyoroti Media, Sakti juga mengatakan bahwa kebijakan dari pemerintah pun harus dipikir matang matang jangan sampai tidak ada kesatuan. 

“Selama ini tidak ada kesatuan kebijakan dari pemerintah, semoga digantinya PJ walikota bisa berpengaruh terhadap pengambilan keputusan kedepannya,” tutupnya.

Penulis : Imran

Baca Juga  Hadir di Makassar, Klinik JEC-Orbita Tawarkan Layanan Standar Internasional
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017