Pemeriksaan Kelayakan Angkutan, Petugas Temukan Ban Gundul Hingga Administrasi Tidak Lengkap

0

Onesulsel.id, Makassar — Memasuki musim mudik lebaran, Petugas gabungan pemeriksaan kelayakan angkutan lebaran terdiri dari petugas Dinas Perhubungan Kota Makassar, Polrestabes Makassar, Jasa Raharja dan BNNP Sulsel melakukan pemeriksaan di Terminal Regional Daya Kota Makassar di Jalan Kapasa Raya Makassar Sulawesi Selatan, Jumat 08 Juni 2018.

Bus angkutan yang masuk ke kawasan Terminal Daya Makassar diperiksa. Pemeriksaan diantaranya ban kendaraan, penerangan, kaca kendaraan hingga rem kendaraan.


Selain pemeriksaan peralatan kendaraan, Petugas juga memeriksa surat atau dokumen administrasi dari kendaraan seperti STNK, hingga SIM Pengemudi. Selain itu, sopir juga menjalani pemeriksaan urine yang dilaksanakan BNNP Sulsel.

Pemeriksaan ini disebutkan untuk mengantisipasi dan memastikan jika sopir bebas dari penyalahgunaan obat terlarang yang tentunya membahayakan bagi sopir dan penumpang.

Baca Juga  Catat Tanggalnya ! Adira Finance Kembali Gelar Festival Pesona Lokal di Makassar

Dari sekitar 20 bus yang diperiksa, ditemukan ada empat bus angkutan ditilang dan diminta untuk tidak beroperasi sementara waktu oleh Petugas. Tiga bus ditilang karena administrasi tidak lengkap dan satu bus dilarang beroperasi karena bannya sudah gundul dan harus segera diganti.

“Yang diperiksa tadi ada beberapa mulai dari kelengkapan kendaraan tersebut yakni administrasinya, bannya, kacanya dan remnya, tadi periksa sopirnya supaya bebas obat-obat terlarang. Ada tiga kita dapat ditilang oleh Kepolisian karena tidak dilengkapi STNK,” kata Abdul Asiz Sila Humas Disas Perhubungan Kota Makassar.

Selain di terminal, tim gabungan juga akan melakukan pemeriksaan di Perusahaan Otobus untuk mencegah jika sopir tidak masuk ke Terminal namun langsung ke Perusahaan Otobus.

Penulis : M. Adup
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017