Platform Tokopedia Berhasil Turunkan Jumlah Pengangguran di Makassar

0

Onesulsel.id, Makassar — Platform Tokopedia sebagai perusahaan teknologi indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, selalu mendukung dan berkolaborasi dengan para pengguna, penjual dan mitra strategis lainnya untuk mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Salah satu mitra dari Tokopedia, Kopi ujung Makassar bercerita mengenai kesuksesannya bermitra dengan Tokopedia.


Toko yang awalnya menjual oleh-oleh khas Makassar itu kini dikenal dengan kopinya yang khas. Di balik popularitas tersebut terdapat sosok John Cendra, seorang pemuda asal Makassar. Rasa cintanya terhadap kopi membuat John serius mempelajari kopi hingga ke berbagai tempat.

“Indonesia butuh anak-anak bangsa yang sudah belajar di berbagai tempat untuk kembali dan membantu perkembangan pengembangan industri kopi di dalam negeri, itulah misi kami di Kopi Ujung,” kata John, Kamis (7/11/19).

Berbekal ilmu yang dimiliki. John kembali ke Indonesia dan meneruskan usaha keluarganya, sebuah toko oleh-oleh bernama Toko Ujung. Di tangan John. Kopi Ujung tidak hanya menjadi Sebuah toko oleh-oleh biasa, melainkan tempat untuk memperkenalkan kopi Toraja kepada khalayak luas. Kopi Ujung, selain menjadi tempat pertemuan berbagai figur dengan banyak gagasan, juga menjadi titik temu antara produk berkualitas tinggi petani kopi di Toraja dengan para penikmat kopi nusantara.

Ketertarikan John kepada kopi membawanya untuk memperkenalkan Speciality coffee ke seluruh Indonesia. “Specialty coffee adalah sebutan untuk kopi-kopi berkualitas tinggi. Dalam rentang nilai 0-100, nilainya harus diatas 80 poin, bijinya harus berkualitas dan tidak boleh ada yang cacat. Agar specialty coffee yang kami hasilkan selalu memiliki kualitas tinggi, kami banyak mencicipi kopi untuk mengenal dan memahami berbagai rasa,“ jelas John.

Perkembangan Kopi Ujung rupanya terdengar oleh banyak orang dari daerah lain di Indonesia, mereka lantas mulai menghubungi John untuk memesan kopi. Melihat antusiasme pelanggan yang tinggi. John memutuskan untuk membuka toko Kopi Ujung di Tokopedia.

“Tokopedia telah membantu kami mengenalkan speciality coffee dari Makassar ke seluruh Indonesia. Sejak membuka usaha di platform Tokopedia. omzet Kopi Ujung telah
mencapai sebesar Rp.12 juta per bulan.” ujar John.

Pengaruh Tokopedia juga dirasakan di wilayah tengah Indonesia, salah satunya Sulawesi Selatan. Pada 2018, Tokopedia telah berhasil berkontribusi terhadap GDP Sulawesi Selatan sebesar Rp.523.618.000.000 dan diprediksi akan semakin meningkat di tahun ini menjadi Rp.1.439.755.000.000. Selain itu, Tokopedia turut berkontribusi terhadap total pendapatan rumah tangga Sulawesi Selatan di 2018 yaitu sebesar Rp.160.371.000.000 dan di 2019 diprediksi meningkat menjadi Rp.440.128.000.000.

Persebaran lapangan kerja tersebut meliputi beberapa wilayah Indonesia, seperti DKI Jakarta (207.1 1 7 lapangan kerja), Jawa Barat (172.348 Iapangan kerja), Jawa Timur (112.488 lapangan kerja), Sumatera Utara (21.746 lapangan kerja), Ball (25.699 lapangan kerja), Sulawesi Selatan (7.194 lapangan kerja), Nusa Tenggara Barat (3.001 lapangan kerja) dan sebagainya

Penulis : Imran

Baca Juga  Tahun 2020, Poltekpar Makassar Optimis Raih Akreditas B Plus
Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017