Polda Sulsel Selidiki Kasus Kategori Koorporasi PT. Abu Tours

0

Onesulsel.id, Makassar — Penyidikan Kasus dugaan Penipuan jamaah Umrah PT. Abu Tours kembali bergulir di Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan pasca berkas Abu Tours di P-19 atau dikembalikan oleh pihak Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Saat ini pihak Kepolisian kembali mengintensifkan pemeriksaan sejumlah saksi. Total sudah ada sepuluh saksi yang mayoritas merupakan pengurus Abu Tours, mitra, hingga agen telah menjalani pemeriksaan untuk dilakukan pendalaman.


Terkait kasus Abu Tours, selain telah menetapkan dua orang tersangka yang merupakan individu masing-masing CEO PT. Abu Tours, Muhammad Hamzah Mamba dan Direktur Keuangan Abu Tours berinisial MK, pihak Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan juga menyelidiki kasus Abu Tours ini pada kasus kategori koorporasi.

Baca Juga  Peringati Hari Jadi PMI Ke-74, Alfa Midi Cabang Makassar Kumpulkan 33 Kantong Darah

“Sesuai petunjuk Kejakasaan agar diperiksa lagi para saksi, karena selain pada orang yang akan dijadikan tersangka, koorporasi pun akan kita jadikan tersangka yaitu PT. Abu Tours Sendiri. Tentunya pemeriksaan terhadap saksi-saksi perlu kita lakukan kembali termasuk direktur-direktur Abu Tours, yang ada dalam struktur Abu Tours, termasuk istrinya kita periksa lagi,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani, Kamis 31 Mei 2018.

Kasus penipuan penggelapan dan pencucian uang Abu Tours mengakibatkan delapan puluh enam ribu tujuh ratus dua puluh calon jemaah umroh menanggung kerugian yang ditaksir satu koma empat trilliun rupiah.

Meski korban Abu Tours berasal dari sejumlah daerah dan laporannya tersebar di beberapa Polda di tanah air namun kasus Abu Tours ini penanganannya diserahkan sepenuhnya ke Polda Sulawesi Selatan termasuk nantinya barang bukti yang disita di sejumlah daerah.

Sejauh ini sejumlah aset Abu Tours baik bergerak dan tidak bergerak yang telah disita Polda Sulsel senilai dua ratus milyar rupiah.

Penulis : M. Adup
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017