Soni Sumarsono Waspadai Survei Liar di Hari Pencoblosan

0

Onesulsel.id, Makassar — Dua hari jelang Pilkada 2018, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono menyebutkan persiapan pelaksanaan Pilkada di Sulsel sudah mencapai 95 persen.

Adapun sisanya yakni lima persen belum tercapai karena masih ada logistik Pilkada yang belum sampai di daerah tujuan karena terkendala cuaca yakni di Kabupaten Wajo dan Luwu.


Sementara untuk pengamanan, disebutkan jika hampir tidak ada masalah di Sulsel. Bahkan sekitar 11.600 personil keamanan dikerahkan untuk memberi jaminan keamanan dan kenyamanan untuk pemilih yang tersebar di seluruh Tempat Pemungutan Suara atau TPS.

Meski mayoritas persiapan sudah dilakukan, namun masih ada yang perlu dikhawatirkan yakni Survei liar.

Baca Juga  Daftar Ke PAN Makassar, Anto : Saya Kembali Kerumah Sendiri

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono menghawatirkan hasil survei liar saat hari pencoblosan nanti.

Masyarakat diharapkan tidak terlalu euforia saat mengetahui survei dari lembaga survei.

Dikhawatirkan, hasil survei atau hitung cepat dapat diklaim masing-masing paslon tertentu sehingga dikhawatirkan menciptakan keributan dan masyarakat menjadi bingung.

Diharapkan masyarakat tetap menunggu hasil resmi dari KPU.

“Keamanan hampir nda ada masalah potensi ini kecuali hal sifatnya kemungkinan besar bahaya itu survei liar kalau jam 1 atau 2 ditutup jam 3 ada umumkan yang klaim, ada Paslon mengklaim. Tidak boleh ada euforia sebelum KPU sampaikan secara resmi. Lembaga di luar KPU yang bahaya kalau klaim menang. Masyarakat bingung jadinya,” kata Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono Senin 25 Juni 2018.

Sejumlah persiapan jelang Pilkada 2018 terus dilakukan Pemprov Sulsel. Bahkan hari ini, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono menggelar rapat dengan Forkompinda.

Pada Pilkada 2018 di Sulawesi Selatan ada 13 Pemilihan yakni, 9 Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, 3 Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan 1 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Penulis : M. Adup
Editor : M. Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017