Tiga Terdakwa Kasus Kematian Mahasiswa Kedokteran UMI Dihukum Percobaan

0

Onesulsel.id, Makassar — Tiga terdakwa atas kasus kematian Rezky Evienia Syamsul, mahasiswi kedokteran UMI yang meninggal saat mengikuti pengkaderan, dijatuhi satu tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun. Hal ini disampaikan dalam sidang putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Makassar Jalan RA Kartini Makassar Sulawesi Selatan, Kamis 07 Juni 2018.

Dalam amar putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim, Kemal Tampubolon, ketiga terdakwa masing-masing, Herialdi Jafar, Sesaria Nur Fatimah, dan Wahyuni Rachman, terbukti melanggar Pasal 359 KUHP sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum.


Hukuman yang diberikan kepada ketiga terdakwa lebih ringan dari tuntutan JPU yang sebelumnya menuntut 16 bulan penjara.

Baca Juga  Kunjungan Kerja di Makassar, Wapres Jusuf Kalla Resmikan Gedung Radioterapi RSI Faisal

Ketiga terdakwa disebutkan secara sah melakukan tindak pidana, karena telah melakukan kelalaian yang menyebabkan kematian.

Hakim juga memutuskan, ketiga terdakwa tidak wajib menjalani hukuman penjara tersebut, dengan alasan ketiga terdakwa masih menempuh pendidikan dan selalu berlaku sopan saat menjalani persidangan. Ketiga terdakwa juga disebut sangat kooperatif.

Namun jika dalam masa percobaan selama dua tahun ketiga terdakwa melakukan pelanggaran hukum, maka vonis penjara yang diberikan kepadanya wajib dijalani.

“Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana, kelalaianya menyebabkan orang lain mati, kedua menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama satu tahun, menetapkan pidana tidak usah dijalani kecuali jika dikemudian hari ada putusan hakim atau hukuman lain karena terpidana melakukan tindak pidana sebelum masa percobaan dua tahun terakhir,” terang Kemal Tampubolon.

Sebelumnya, Rezky Evienia Syamsul, mahasiswi kedokteran UMI meninggal dunia saat mengikuti pengkaderan di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan Juni 2016 lalu.

Rezky disebutkan harus menjalani sit-up, push-up, dan back-up di dalam kubangan air karena tidak berhasil menjawab pertanyaan dari seniornya. Lalu korban saat menuju ke pos dua mengaku sakit dan mulai tidak sadarkan diri.

Rezky mahasiswi semester IV Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia meninggal dunia di RS Wahidin Sudirohusodo, usai mengikuti kegiatan Study Club Tim Bantuan Medis di Desa Pao, Kec. Tombolo Pao, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

Sebelum meninggal, korban sempat dirawat di RS Islam Faisal dan mengalami koma di RS Wahidin Sudirohusodo.

Penulis : M. Adup
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017