Tingkatkan Kemampuan di HUT Ke 46, Basarnas Lihai dalam Simulasi

0

Onesulsel.id, Makassar — Sebagai rangkaian dalam peringatan HUT ke-46, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mengadakan simulasi teknik pertolongan pada korban kecelakaan lalu lintas, Rabu (28/2/2018).

Simulasi ini dilaksanakan oleh Tim Basarnas dengan setting kecelakaan yang menelan dua korban. Dengan kecekatan Tim Basarnas dengan berbagai kelengkapan datang membawa Ambulance, dan segera memberikan penanganan tepat kepada korban kecelakaan.


Amiruddin sebagai Kepala Basarnas menjelaskan bahwa pertolongan yang diberikan oleh Basarnas merupakan amanat Undang Undang.

Baca Juga  Band Indie Makassar The Create Band Luncurkan Single "Sayang Kamu"

“Simulasi yang dilakukan ini adalah salah satu situasi yang biasa dihadapi Basarnas sesuai amanat Undang-Undang, seringkali penanganan oleh Bazarnas disalah artikan bahwa mengambil peranan polisi lalu lintas, namun fungsi Basarnas sendiri adalah membantu semua yang membutuhkan bantuan termasuk bencana alam dan kecelakaan” jelasnya.

Untuk saat ini, tim Basarnas terdiri dari 106 orang dengan 5 lokasi penugasan diantaranya Mamuju, Bone selayar dan Palopo.

Amiruddin menambahkan, dengan jumlah tim 106 orang cukup sedikit dibandingkan dengan wilayah yang ditangani namun tetap di maksimalkan fungsinya.

“Saat ini tim dari Basarnas ada 106 orang yang normalnya jika dibandingkan dengan wilayah penanganan harusnya mencapai 170an orang, akan tetap kami terus memaksimalkan dengan jumlah anggota yang sekarang” tambahnya.

Penulis : Hikma Ahyudin
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017