Tumbuh Melambat, Utang Luar Negeri Indonesia di Angka 356,9 M Dolar AS

0

Onesulsel.id, Makassar — Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tercatat sebesar 356,9 miliar dolar AS pada akhir April 2018. Jumat (22/6/2018).

ULN Indonesia ini terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 183,8 miliar dolar AS dan utang swasta termasuk BUMN sebesar 173,1 miliar dolar AS. Tercatat pada akhir April 2018, ULN Indonesia tumbuh 7,6% pertahun dan mengalami perlambatan dibandingkan dengan 8,8% pertahun pada bulan sebelumnya.


Data dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia menunjukkan bahwa terjadi perlambatan terhadap utang luar negeri Indonesia baik di sektor pemerintah maupun utang luar negeri di sektor swasta.

Baca Juga  Peringati Hari Jadi PMI Ke-74, Alfa Midi Cabang Makassar Kumpulkan 33 Kantong Darah

 

Perkembangan ULN Indonesia pada April 2018 tetap terkendali dengan struktur yang sehat. Hal ini tercermin antara lain dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir April 2018 yang tercatat stabil di kisaran 34%. Rasio tersebut masih lebih baik dibandingkan dengan rata-rata negara peers.

Berdasarkan jangka waktu, struktur ULN Indonesia pada akhir April 2018 tetap didominasi ULN berjangka panjang yang memiliki pangsa 86,7% dari total ULN. Bank Indonesia berkoordinasi dengan Pemerintah terus memantau perkembangan ULN dari waktu ke waktu untuk mengoptimalkan peran ULN dalam mendukung pembiayaan pembangunan, tanpa menimbulkan risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian.

Sejalan dengan itu, Kepercayaan investor asing terhadap pengelolaan fiskal dan pasar Surat Berharga Negara (SBN)  Indonesia tetap cukup tinggi di tengah tekanan likuiditas global. Pada bulan April 2018 Pemerintah telah menerbitkan SUN dalam mata uang dolar AS dan Euro (global bonds) dengan format SEC-Registered Shelf yang memungkinkan Pemerintah menerbitkan obligasi di pasar modal kapan pun saat dibutuhkan.

Penulis : Hikma Ahyuddin
Editor : Muhammad Idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017