WA Bulgaria yang Coba Bobol ATM di Makassar, Terancam Sembilan Tahun Penjara

0

Onesulsel.id, Makassar — Dua warga asal Burgaria, masing-masing Ivo Todorov dan Stoyo Gancev diamankan di Polrestabes Makassar Sulawesi Selatan.

Keduanya dibawa ke Polrestabes Makassar setelah diamankan di salah satu penginapan tempat persembunyian mereka di kawasan Barang Lompo kecamatan Wajo Makassar pada Selasa 5 Juni kemarin.


Keduanya diamankan atas dugaan pengrusakan ataupun usaha pencurian uang nasabah Bank dengan cara skimming atau memanipulasi data nasabah bank dengan menggunakan alat tertentu yang dipasang di ATM sehingga bisa mengambil uang nasabah.

Baca Juga  Kunjungan Kerja di Makassar, Wapres Jusuf Kalla Resmikan Gedung Radioterapi RSI Faisal

Selain dua tersangka polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya, alat skimmer, beberapa bor untuk merusak ATM, laptop, dan kartu identitas milik kedua tersangka.

Terkait pelaku lain dan jaringannya, Polisi masih melakukan pengembangan dan masih didalami.

“Jaringan masih didalami, diduga bukan pertama kali, dilihat dari TKP dia tinggalkan alat, termasuk mobil, terus kabur,” kata Kompol Diari Astetika Kepala Satuan khusus penegakan hukum atau Kasatgassus Gakkum Polrestabes Makassar, Rabu 6 Juni 2018.

Baca Juga  Peringati Hari Jadi PMI Ke-74, Alfa Midi Cabang Makassar Kumpulkan 33 Kantong Darah

Dari hasil pemeriksaan sementara, keduanya berada di Jakarta pada 3 Juni lalu kemudian terbang ke Makassar Sulawesi Selatan.

Kedua tersangka masih diperiksa di Mapolrestabes Makassar dan terancam tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan percobaan melakukan kejahatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat 1 ke 3 E dan 4 E Juncto pasal 35 ayat 1 KUH Pidana dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.

Polisi juga masih menyelidiki terkait UU ITE yang bisa dikenakan kepada kedua tersangka.

Sebelumnya, tindak percobaan pencurian uang nasabah melalui teknik skimming nyaris terjadi di Makassar, Sulsel. Aksi pelaku yang hendak memasang alat skimmer di mesin ATM digagalkan oleh pihak keamanan kantor.

Baca Juga  Catat Tanggalnya ! Adira Finance Kembali Gelar Festival Pesona Lokal di Makassar

Kejadian tersebut terjadi di Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Jalan Veteran Selatan, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Selasa (5/6) dinihari.

Aksi pelaku yang ditangkap basah oleh pihak keamanan kantor. Namun, pelaku ambil langkah seribu dan meninggalkan sejumlah barang bukti yang digunakan untuk membobol mesin ATM.

Penulis : M. Adup
Editor : Muhammad idris

Share.

About Author

Leave A Reply

© Copyright OneSulsel 2017